Kepuasan Masyarakat Dapat Membangun Image Positif Pemerintah di Mata Publik

KOMUNIKASI - Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo saat menyerahkan cinderamata kepada Kepala Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi usai kegiatan Rakornis di Polda Kalteng, Kota Palangka Raya, Senin (30/5) - MMC Kalteng

Kepuasan Masyarakat Dapat Membangun Image Positif Pemerintah di Mata Publik

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalimantan Tengah Agus Siswadi didaulat sebagai narasumber dalam kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Lalu Lintas T.A 2022 yang diselenggarakan oleh Dirlantas Polda Kalteng, di Aula Arya Dharma, Senin (30/5).

Peserta Rakornis adalah Kepala Unit Lalu Lintas Polres Kabupaten dan Kota dan kegiatan ini dibuka langsung oleh Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K.

Kepala DiskominfoSantik Kalteng Agus Siswadi memaparkan mengenai Strategi Komunikasi yang Efektif untuk Penanganan Keluhan Masyarakat.

Agus Siswadi menyampaikan bahwa penyebaran informasi saat ini sangat diperlukan, ditengah-tengah berkembangnya zaman yang semakin canggih, informasi publik juga harus semakin diperluas dan transparan.

Disampaikan bahwa kinerja pemerintah yang baik maka kepercayaan masyarakat akan pemerintahan juga besar, demikian sebaliknya.

“Bentuk dari penanganan keluhan yang dilakukan pemerintahan guna mewujudkan kepuasan masyarakat dari segi pelayanan dengan membangun image positif pemerintah di mata publik,” tutur Agus Siswadi.

Agus Siswadi mengungkapkan, dunia dan teknologi komunikasi telah berubah pesat dalam 20 tahun terakhir ini.

“Dari ketergantungan pada saluran komunikasi tradisional atau lama seperti media cetak dan media penyiaran, sekarang ada pilihan saluran komunikasi baru, termasuk internet dan ponsel pintar atau smart phone,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini komunikasi dapat dilakukan melalui dua cara yakni komunikasi langsung atau tatap muka dan komunikasi melalui saluran.

Komunikasi tatap muka sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan, mendengarkan kebutuhan khalayak, dan mengurangi informasi yang salah.

Komunikasi ini bisa dilakukan antara lain melalui forum pertemuan, sosialisasi, konseling, edutainment yang memadukan informasi dan hiburan, pameran, dan kegiatan promosi.

Sementara itu, komunikasi melalui saluran merupakan sarana atau kendaraan untuk menyampaikan pesan pada kelompok sasaran.

Saluran komunikasi dapat dikategorikan menjadi tiga saluran utama, yaitu media cetak seperti koran, majalah, leaflet, dan media luar ruang seperti papan reklame dan baliho.

Selain itu, media penyiaran, seperti televisi dan radio serta media internet atau digital, seperti media sosial dan website.PR1 - MMC Kalteng

SERTIFIKAT

Widget