Longsor, Jalan Nasional Muara Teweh-Banjarmasin Lumpuh

Jalan Nasional ruas Muara Teweh-Banjarmasin mengalami longsor di Desa Gagutur, Kecamatan GBA, Barsel, sehingga tak dilewati kendaraan, Rabu (16/3/2022).

Longsor, Jalan Nasional Muara Teweh-Banjarmasin Lumpuh

BUNTOK - Hujan deras yang mengguyur wilayah Barito sejak Selasa (15/3/2022) malam hingga Rabu (16/3/2022) pagi, memicu longsor di ruas Jalan Nasional yang menghubungkan Muara Teweh, Barito Utara, Kalteng dengan Banjarmasin, Kalsel. 

Longsor terjadi di Desa Gagutur, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Jalan di wilayah itu amblas tergerus longsor sehingga tak bisa dilewati. Antrean panjang pun terjadi karena jalan tak bisa dilewati. Antrean terjadi dari dua arah, Muara Teweh maupun Banjarmasin. 

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Barsel,  Daud Danda mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kejadian ini kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Balai Pengelolaan Jalan Darat Kalteng.

Diakui Daud, kerusakan jalan akibat longsor harus segera mendapatkan penanganan, agar bisa dilewati kendaraan. Sebab, jalan itu merupakan satu-satunya akses menghubungkan kota Muara Teweh dengan kota lainnya, seperti Kabupaten Barito Selatan dan Provinsi Kalimantan Selatan.

"Jalan itu merupakan jalan negara, kerena itu merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," kata Daud Danda.

Kepolisian Resort Barsel juga langsung menurunkan personel dari Satuan Lantas untuk mengatur lalu lintas. Kapolres Barsel AKBP Yuspandi SIK melalui Kasat Lantas Polres Barsel Iptu Aries menjelaskan, sejumlah personel langsung diterjunkan ke lokasi longsor, mengatur lalu lintas serta menghindari mobil terjebak longsor. BS1

 

 

SERTIFIKAT

Widget