Batilap dan Dusun Hilir Percontohan Perikanan Sistem Beje

Kolam Beje, kolam tradisional Suku Dayak untuk menampung ikut saat musim penghujan.

Batilap dan Dusun Hilir Percontohan Perikanan Sistem Beje

BUNTOK - Dua lokasi di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah dijadikan sebagai percontohan pengelolaan perikanan sistem beje berkelanjutan. "Dua lokasi tersebut berada di Kelurahan Mangkatip dan Desa Batilap, Kecamatan Dusun Hilir," kata Asisten III Setda Barito Selatan, Mirwanysah, Jumat (5/11/2021). 

Ia mengatakan, sebagai lokasi percontohan tersebut, di dalamnya dilaksanakan kegiatan mensosialisasikan serta menjelaskan secara teknis, tentang hal-hal yang akan dikerjakan terkait pengelolaan perikanan di Mangkatip dan Batilap. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama FAO perwakilan Indonesia dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP-RI) serta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan.

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan melalui proyek i-fish atau pengarusutamaan konservasi keanekaragaman hayati dan pemanfaatan berkelanjutan dalam praktik perikanan darat pada area bernilai konservasi tinggi di ekosistem air tawar. Mirwansyah menerangkan, proyek i-fish ini diselenggarakan di lima kabupaten di Indonesia dan salah satunya Barito Selatan. Adapun spesies ikan yang dikonservasi yakni ikan arwana.

"Tujuan dari proyek ini untuk menjaga keanekaragaman hayati pada ekosistem perairan darat dengan cara meningkatkan kapasitas pengelolaan dan monitoring perikanan beje," jelasnya. Dengan demikian lanjut dia, lokasi percontohan ini nantinya bisa menjadi referensi dalam mengelola perairan darat, baik di level kabupaten, provinsi maupun nasional. "Karena, program pengelolaan perairan darat yang berkelanjutan ini pertama dilaksanakan di Indonesia dan proyek ini dilaksanakan pihak ketiga yakni PT Sucofindo," terangnya. (Antaranews)

 

COVID PEMPROV
COVID
GUBERNUR
SERTIFIKAT
perumahan

Widget