Pj Bupati Kabupaten Barito Selatan Buka Festival Dahani Dahanai Tuntung Tulus Tahun 2022

PERINGATAN - Pj Bupati Kabupaten Barito Selatan saat menebar ikan untuk dilombakan pada Lomba Mangaruhi dan Mangacal lauk di Stadion Batuah, Kota Buntok, Selasa (20/9) - MMC Kalteng

Pj Bupati Kabupaten Barito Selatan Buka Festival Dahani Dahanai Tuntung Tulus Tahun 2022

BUNTOK - Pj Bupati Barito Selatan (Barsel) Lisda Arriyana membuka secara resmi acara perlombaan olahraga tradisional festival Dahani Dahanai Tuntung Tulus dalam rangka memeriahkan HUT ke-63 Kabupaten Barsel di Stadion Batuah, Selasa (20/9).

Perlombaan olahraga tradisional yang dilaksanakan antara lain Balogo putra dan putri, Bagasing putra dan putri, Malamang, Maneweng manetek dan Manyila kayu, Manyipet, Mangaruhi dan Mangacal lauk, dan Sepak sawut.

Total kontingen seluruh cabang lomba berjumlah 464 orang dari 6 (enam) kecamatan se-Barsel.

Pelaksanaan pertandingan selama dua dari tanggal 19-20 September 2022. Ajang ini mempersiapkan para atlet untuk mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2023 di Kota Palangka Raya.

Lisda Arriyana dalam sambutannya mengatakan, bahwa selain memeriahkan hari jadi Kab. Barsel, kegiatan ini juga menjadi sarana meningkatkan silaturahmi, persatuan, dan kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam budaya tradisional dari Sabang sampai Merauke.

“Budaya dan olahraga tradisional merupakan peninggalan nenek moyang kita yang semestinya pasti akan diturunkan kepada kita sebagai generasi penerus agar budaya dan olahraga tradisional tidak punah, akan tetapi dalam kenyataannya banyak sekali generasi muda yang kurang peduli  dengan budaya dan olahraga tradisional peninggalan nenek moyang tersebut. Untuk itu perlu diadakan kegiatan-kegiatan seperti ini yang tujuannya melestarikan nilai-nilai budaya olahraga tradisional, masyarakat Barsel agar tidak punah,” ujar Lisda.

Lisda menjelaskan, kegiatan pertandingan olahraga tradisional Dahani Dahanai Tuntung Tulus juga dapat menjadi sarana untuk menumbuh kembangkan olahraga tradisional dan budaya masyarakat Kabupaten Barsel.

“Serta memperkenalkan kearifan lokal sebagai wadah bagi atlet-atlet untuk dapat menampilkan kemampuan terbaiknya untuk mempromosikan budaya dan ciri khas daerah Kab. Barsel," tutupnya.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Barsel, Forkopimda Kabupaten Barsel, Sekretaris Daerah Kabupaten Barsel, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Barsel, Pimpinan Instansi Vertikal dan Perbankan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Adat.BS1 - MMC Kalteng

SERTIFIKAT

Widget