Diskominfosantik Kalteng Kembangkan Kreatifitas KIM melalui Strategi Komunikasi Pemasaran

KREATIF - Tampak peserta dan panitia kegiatan KIM berfoto bersama usai kegiatan pada GOR Bulutangkis Perumahan Kampung Rahayu Woro, Kelurahan Bukit Tunggal, Kota Palangka Raya, Kamis (22/9) - MMC Kalteng

Diskominfosantik Kalteng Kembangkan Kreatifitas KIM melalui Strategi Komunikasi Pemasaran

PALANGKA RAYA - Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat.

Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kalteng bersama Mitra kerja KIM Batang Pambelum Batang Pambelum menggelar kegiatan Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Komunitas Informasi Masyarakat untuk Mengatasi Dampak Inflasi Daerah pada GOR Bulutangkis Perumahan Kampung Rahayu Woro, Kelurahan Bukit Tunggal, Kota Palangka Raya, Kamis (22/9).

Perkembangan teknologi saat ini begitu cepat, hal ini sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat.

untuk itu diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi, agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan informasi yang baik dan positif.

Strategi Penerapan Komunikasi Pemasaran Komunitas Informasi Masyarakat diikuti oleh 15 orang peserta Industri Kecil Menengah (IKM) di lingkungan RT 19 Kelurahan Bukit Tunggal Kota Palangka Raya.

KIM Batang Pambelum adalah mitra kerja Diskominfosantik Kalteng untuk melaksanakan pengembangan, pemberdayaan kelompok yang memiliki potensi sebagai jejaring informasi publik dan membangun komunitas yang memiliki aktivitas bidang pengelolaan diseminasi informasi.

“Salah satu rencana aksi Diskominfosantik Kalteng untuk membantu mengendalikan inflasi yang tinggi adalah memberikan pelatihan singkat kepada pengelola industri kecil menengah (IKM) di Kalimantan Tengah,” ujar Sekretaris Diskominfosantik Kalteng Tuty Sulistyowati yang membuka kegiatan tersebut.

Lebih lanjut Tuty menambahkan bahwa saat ini Industri Kecil Menengah (IKM) masih berupaya bangkit perlu dilakukan pendampingan dan pembinaan agar mampu bertahan di situasi pandemi covid-19 yang belum berakhir.

Melalui KIM Batang Pambelum pelaku IKM dapat belajar bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk menaikkan target penjualan.

Ketua RT 19 Kelurahan Bukit Tunggal Bungkus Sudiyono mengatakan, RT 19 di lingkungan Perumahan Kampung Rahayu Woro II baru terbentuk pada Bulan Juli Tahun 2022 dan warga antusias berpartisipasi aktif dalam kegiatan Strategi Komunikasi Pemasaran KIM ini untuk meningkatkan pengetahuan.

Bungkus Sudiyono mengharapkan agar pertemuan rutin KIM dapat berkembang, tidak stagnan dan dapat memberdayakan masyarakat melalui diskusi antar anggota, atau komunitas lainnya.

Yudistira Pratama menyampaikan, diperlukan strategi pemasaran yang komprehensif untuk memberikan dampak yang tinggi yang sesuai dengan pola perilaku pelanggan saat ini yaitu dengan strategi komunikasi yang tepat dan membangun identitas brand atau merk usaha.

Selain menyampaikan materi tentang Strategi Komunikasi Pemasaran, KIM Betang Pambelum membantu membuat design/logo brand IKM milik warga RT.19.

Seorang pemilik usaha Jamu Arie Winarni mengaku senang atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan dibantu fasilitasi pembuatan design produk, semoga produk jamu saya bisa dikenal banyak orang.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Pejabat Fungsional Pranata Humas di lingkungan Diskominfosantik Kalteng, Ketua TP PKK RT.19/RW 014 Kelurahan Bukit Tunggal dan anggota KIM Batang Pambelum.PR1 - MMC Kalteng

SERTIFIKAT
Smsi

Widget