7 Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif Berbuka Puasa Pengganti Kurma

Ilustrasi Kurma - Net

7 Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif Berbuka Puasa Pengganti Kurma

 

JAKARTA - Kurma identik dengan makanan berbuka puasa. Tapi tidak semua orang suka kurma. Maka dari itu, sangat penting mengetahui makanan sehat lainnya untuk berbuka puasa, selain kurma.

Bagi Anda yang tidak suka kurma, memilih gorengan dan sirup manis menyegarkan kerap jadi andalan berbuka puasa. Memang terasa enak, tapi tidak cukup menyehatkan.

Apalagi, jika selama 30 hari penuh setiap kali berbuka hanya makanan itu yang Anda makan. Selesai puasa, bukan berkah yang didapat, tapi juga kesehatan yang malah menurun.

Lantas, makanan apa saja yang bisa dijadikan sebagai pengganti kurma saat berpuasa? Berikut pilihannya, dilansir dari berbagai sumber:

1. Cukup dengan air putih

Setelah berpuasa seharian penuh Anda akan merasa haus. Alih-alih memilih minuman berpemanis, sebaiknya pilih air putih yang lebih sehat.

Melansir Life Style Asia, selama Ramadhan penting untuk menghidrasi diri dengan baik. Terutama minum air putih saat berbuka puasa.

2. Makan buah segar

Menambahkan sesuatu yang padat, manis, dan menyegarkan juga penting dilakukan. Jika Anda tidak suka kurma, pilihlah buah-buahan segar potong. Anda juga bisa memilih ceri, leci, anggur, bahkan buah jeruk saat berbuka puasa.

3. Sup

Memulai santapan buka puasa Ramadhan dengan sup adalah pilihan yang bagus. Hal ini dapat membantu Anda mengatasi gangguan pencernaan yang sering dialami setelah perut kosong dan makan tiba-tiba setelah puasa seharian.

Sup juga merupakan cara sederhana untuk tetap terhidrasi di tengah panas terik. Anda bisa memilih beberapa jenis sup dengan sayuran yang bergizi.

4. Alpukat

Alpukat juga bisa jadi pilihan berbuka puasa selain kurma. Melansir Metal Food Chain, alpukat menjadi sumber lemak yang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Alpukat juga termasuk makanan terbaik untuk berbuka puasa.

Bagi kebanyakan orang, alpukat mudah dicerna dan membuat mereka kenyang lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Bahkan alpukat disebut bisa menahan rasa lapar lima jam setelah dikonsumsi.

Makanya, alpukat sangat ideal untuk mencegah makan berlebihan setelah puasa. Selain itu, alpukat kaya akan serat dan lemak yang larut dalam air, meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan lain setelah puasa.

5. Sayuran hijau matang

Sebagian besar sayuran hijau, seperti brokoli atau brussels sprouts, merupakan tanaman silangan yang kaya akan serat, nutrisi, dan vitamin. Di satu sisi, profil nutrisi tanaman silangan sangat ideal untuk berpuasa. Di sisi lain, mereka sulit dicerna jika dimakan mentah.

Makanya, sangat direkomendasikan untuk memasak dulu sayuran-sayuran tersebut.

6. Kaldu

Kaldu dari tulang adalah salah satu makanan nomor satu yang harus dipertimbangkan saat memikirkan apa yang harus dimakan untuk berbuka puasa. Pasalnya, kaldu tulang mengandung banyak elektrolit yang bila dikonsumsi dan membantu menggantikan elektrolit yang hilang saat berpuasa.

Selain itu, melansir Better Me, makanan ini juga kaya akan magnesium, natrium, kalsium, dan kalium yang penting untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kaldu tulang mengandung protein dan juga mudah dicerna sehingga menjadi pilihan terbaik saat berbuka puasa.

7. Telur

Telur menjadi sumber protein yang paling mudah ditemukan. Protein yang ditemukan dalam telur sangat membantu saat berbuka puasa karena bisa mencegah hilangnya otot.

Telur juga mudah dicerna, rendah kalori, kaya protein, dan fakta bahwa telur sangat mengenyangkan sehingga mencegah Anda makan berlebih saat berbuka.BI1 - Net

SERTIFIKAT

Widget