13 Desa Di Barito Timur Dapat Internet Gratis

Dinas Komunikasi, Infromatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur - Dwi Ariyanto

13 Desa Di Barito Timur Dapat Internet Gratis

TAMIANG LAYANG - Guna mengatasi blank spot di wilayah pedesaan, tahun 2021 ada 13 desa di Kabupaten Barito Timur akan merasakan internet gratis.

 Internet gratis ini merupakan program KPU/USO Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.Tiga belas desa itu yakni Desa Kambintin, Desa Pulau Padang, Desa Lampeong, Desa Taringsing, Desa Muru Duyung, Desa Pinang Tunggal, Desa Dambung, Desa Sumber Garunggung, Desa Muara Awang, Desa Betang Nalong, Desa Mawani, Desa Maragut dan Desa Gandrung. 

"Benar saat ini internet gratis tersebut dalam proses pemasangan, perangkat yang dipasang adalah Internet VSAT" kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas melalui Kepala Dinas Komunikasi, Infromatika, Persandian dan Statistik Dwi Ariyanto, Selasa (31/8) Kemarin.

Dwi Aryanto menjelaskan saat ini ada 9 (sembilan) desa yang sudah terpasang internet VSAT. Sembilan desa itu yakni Desa Pulau Padang, Desa Lampeong, Desa Tarinsing, Desa Muru Duyung, Pinang Tuanggal, Desa Dambung, Desa Sumber Garunggung, Desa Muara Awang dan Desa Betang Nalong.

Dijelaskan Dwi Aryanto, sudah lama desa-desa tersebut mendambakan saluran komunikasi yang lancar dan dapat berkomunikasi dengan dunia luar. Berkat program KPU/USO Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika ini, masalah jaringan internet di 13 desa tersebut akan segera teratasi. 

Didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Marten Audian Dhanurseta, ST. MM, Dwi Aryanto mengatakan kehadiran Internet VSAT di desa-desa tersebut disambut antusias oleh masyarakat. 

Ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat melihat dan memperhatikan pemasangan perangkat VSAT BAKTI tersebut. 

Salah satu contohnya yakni saat pemasangan perangkat VSAT BAKTI di Desa Dambung Kecamatan Dusun Tengah. Banyak warga desa tersebut ikut menyaksikan kala tim sedang bekerja.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Marten Audian Dhanurseta, ST. MM, yang mendampingi pemasangan perangkat VSAT BAKTI di Desa Dambung beberapa waktu lalu menambahkan, meski medan sulit menuju Desa Dambung, namun tak menjadi penghalang bagi timnya untuk mewujudkan mimpi warga Dambung selama ini. 

“Mengingat kondisi akses jalan yang sulit, perangkat internet dari BAKTI tersebut diangkut menggunakan kendaran dinas milik Pemerintah Kabupaten Barito Timur,” jelas Marten. Selanjutnya fasilitas kendaraan dinas ini, ujar Marten, sebagai bagian komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Timur memajukan Desa Dambung.

Lebih jauh Marten menjelaskan, pemasangan internet VSAT BAKTI ini baru tahap awal. Pasalnya, melalui Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik, Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan komitmen memfasilitasi pendirian repeater untuk menambah jangkauan sinyal telekomunikasi di desa-desa di wilayah Kabupaten Barito Timur.BT1

COVID PEMPROV
COVID
GUBERNUR
SERTIFIKAT

Widget